Mengatur naungan tempat pembibitan tanaman

Mengatur naungan tempat pembibitan tanaman

Mengatur naungan
Untuk memperoleh kondisi lingkungan seperti suhu, kelembaban yang optimal yang sesuai dengan pertumbuhan bibit sejak awal tumbuh hingga siap dipindahkan ke lapangan penanaman, dibutuhkan naungan guna memberi kenyamanan bibit tumbuh dan beradaptasi secara bertahap terhadap terik matahari dan air hujan.

Sinar matahari sangat mempengaruhi temperatur dan kelembaban lingkungan tempat pembibitan. Tanaman muda belum dapat beradaptasi pada suhu tinggi begitu pula terhadap air hujan, temperatur rendah dan kelembaban tinggi.
Mengadaptasikan/menyesuaikan bibit terhadap sengatan sinar matahari dapat dilakukan secara periodik dengan cara membuka menutup naungan dari hari ke hari hingga akhirnya bibit mampu menerima sinar matahari penuh. Jika bibit sudah kuat terhadap sinar matahari, maka naungan sudah tidak perlu digunakan lagi, berarti bibit sudah siap untuk dipindahkan ke lahan penanaman.

Pengaturan naungan pembibitan dilakukan dengan ketentuan :
  1.  Naungan pembibitan dibuka saat cuaca cerah pada pagi hari ( jam 7.00
  2.  Plastik naungan digulung rapih dari sisi ujung sebelah timur sampai kesisi ujung sebelah barat.
  3.  Pada saat sebelum terik matahari palastik naungan ditutup kembali dengan rapat dan rapih, dan pada bagian ujung-ujung pembibitan (sebelah utara) terbuka
  4. d) Lama naungan dibuka dari hari ke hari semakin meningkat berlangsung sedikit demi sedikit disesuaikan dengan pertumbuhan bibit sampai akhirnya bibit tahan terhadap terik matahari.\
  5. Bibit tidak mengalami stress (layu) selama plastik naungan dibuka.

0 comments: